Telur Bumbu Bali Banjar

By | June 26, 2018

Beneran sangat awam banget pengetahuan tentang masakan Banjar. Malah setelah makan sekian lama baru tahu bahwa makanan itu asalnya dari Banjar. Kocak emang . Salah satunya Bingka, tahu dan suka makan Bingka tapi gak tahu darimana asalnya wkwkwk . Kalo Soto Banjar sih udah jelaslah ya, ada nama dibelakangnya “pasti jelas” khas Banjar. Selain itu, aku belum pernah nyobain deh seingat aku, Ketupat Kandangan (sering denger doang), Ayam Masak Habang, Mie Bancir, Manday, Gangan Asam, apalagi Iwak Pakasam. Semuanya baru ditelinga aku dan belom pernah ngicip sama sekali. Kalo Nasi Kuning Banjarmasin sama Klepon Martapura keknya gak jauh beda dari yang ada di daerah lain deh (mungkin ), jadi bisa ngebayangin rasanya seperti apa gtu.

Penolong terbaik, dikala butuh melek informasi so pasti ketik-ketik manjah di Embah Google. Setelah udah tahu gambarannya, baru dah ngubek-ngubek cookpad sama cookmark dan ketemu lah resep ini. Walaupun aku nggak nemu cabe merah keringnya, ibu sayur juga gak jual, kalo harus ke pasar jauh pemirsah . Aku pakai cabe merah keriting plus cabe bubuk yang ada dirumah aja. Dan “Drama” masih berlanjut, pas mau masak eh eh eh si tabung gas bocor , dikarenakan aku takut dan gak bisa benerin. Jadi deh maksa lagi pake Ricecooker .

Bahan-bahan

  1. 6 butir telur, rebus dan kupas (me: cuma pakai 4 butir)
  2. Secukupnya air matang
  3. Secukupnya minyak goreng
  4. 2 sdm air asam jawa (me: 1 sdt cuka masak karena abis lupa beli)
  5. 1 ruas kayu manis
  6. 1 sdm cabe bubuk (tambahan saya)
  7. Secukupnya garam, gula pasir dan kaldu bubuk/penyedap(jika suka)
  8. Secukupnya bawang goreng untuk taburan (me:skip)
  9. Bumbu halus:
  10. 15 buah cabe merah keriting (resep asli pakai cabe merah kering)
  11. 10 butir bawang merah
  12. 5 siung bawang putih
  13. 3 cm jahe
  14. 3 cm kencur (me: bulat kecil-kecil)
  15. 2 sdm gula merah (me: 1 gandu/keping)
  16. 1/4 sdt terasi bakar (me: 1 bks terasi abc)

Langkah

  1. Rebus telur dan kupas. Namanya juga pakai Ricecooker ya, nunggu air mendidih nya lumayan lama.  
  2. Haluskan bumbu halus. Jika pakai blender, tambahkan sedikit minyak agar tidak seret.  
  3. Tumis bumbu, kayu manis dan cabe bubuk. Tidak perlu menambahkan minyak lagi. Tutup kembali. Dan Ricecooker dalam keadaan “cook” ya. Jadi, jangan lupa pijit tombolnya.  
  4. Setelah panas dan meletup-letup, tambahan air matang. Bumbui garam, gula, penyedap dan asam jawa (me: cuka masak). Tutup kembali dan tunggu sampai mendidih  
  5. Setelah mendidih masukan telur rebus, tutup kembali, dan masak sampai air nya surut dan bumbu meresap (boleh dibuka tutupnya dan dicek sesekali ya). Angkat dan sajikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *